Hot News
  • Working Life

7 Sikap yang harus Dimiliki Jika Ingin Jadi Sosok yang Dewasa

7 Sikap yang harus Dimiliki Jika Ingin Jadi Sosok yang Dewasafreepik.com/macrovector

Seiring bertambahnya waktu kita akan berubah menjadi sosok yang lebih dewasa. Usia yang terus bertambah memang tak menjamin setiap orang langsung bisa berpikir dan bertindak dewasa, tetapi bagia sebagian orang lainnya, mereka sudah menjelma jadi pribadi yang dewasa. Berikut beberapa sikap yang harus kita miliki jika ingin jadi pribadi yang lebih dewasa dan tak lagi kekanak-kanakan.

1-38c69d92fe346bcb8a5326c7c25ca250.jpg
Advertisement

Sudah bekerja, mandiri, berpengalaman, dan bertambah umur sudah waktunya untuk membalas apa yang telah kamu dapat. Misalnya, lebih memperhatikan kehidupan orangtua dan selalu memberikan kabar. Jika susah untuk bisa bertemu dengan orang yang berjasa dalam hidup kamu, bisa dilakukan dengan cara berbagi dengan yang lain. Ada baiknya untuk nggak berpikir kalau memberi itu selalu materi. Jangan takut untuk merasa kurang, karena inti dari semua kegiatan itu saling menerima dan memberi.

2-f1c20db195c8bb10e62caedf01cde18e.jpg

Ketika sedang suntuk atau nggak ada ide baru, kamu akan mencari inspirasi yang ada hubungannya dengan karier dan keuangan. Padahal, kegiatan yang kamu jalani nggak hanya itu. Pasti ada keinginan lain seperti, membuka usaha, menulis buku, mendekorasi ruangan, atau hidup sederhana dan sehat. Jangan biarkan hal-hal menarik seperti ini nggak kamu coba gara-gara hanya fokus pada satu karier saja. sesuatu yang wajar jika kamu nantinya akan berganti pekerjaan. Jadi, jangan ragu untuk mencari ilmu tentang hal lain yang menurutmu menarik.

3-38a84554fd79ddb71aefce7d02f138b1.jpg

Semakin dewasa perbincangan mengenai materi seharusnya bukan hal utama. Namun, berbagi kebahagiaan, pengalaman, dan momen akan kamu incar. Memang lebih menyenangkan apabila membantu atau memberikan sesuatu yang bernilai materi kepada orang lain. Tapi, kamu akan lebih menghargai apabila berbagi semuanya dengan orang terdekat. Jangan heran juga ketika kamu memperluas relasi, tapi pertemananmu semakin sempit. Ini karena kamu tahu mana yang seharusnya dijadikan teman dekat.

4-65eea7f12d08d8973198a8897f0f4a56.jpg

Semakin dewasa berarti semakin banyak situasi yang telah kamu lalui. Perlahan kamu bisa megusir rasa khawatir yang berlebihan dari dalam diri. Merasa cemas dan nggak aman karena sesuatu hal juga bisa kamu atasi sediri. Kamu sadar bahwa bisa membawa diri dan percaya diri adalah kunci yang pada akhirnya ada manfaatnya. Memahami kalau percaya pada kemampuan dan pengetahuan yang kamu kuasai, maka orang lain juga mempercayaimu.

Advertisement
5-9d4a44934757cfbb7079eb732dcf4551.jpg

Masa muda memang penuh dengan keinginan untuk mencapai sesuatu dan membutuhkan waktu dalam mengaturnya. Semakin dewasa, kamu secara langsung tahu batasan, kelebihan, dan kekurangan. Tentu saja kamu sudah melewati beberapa kegagalan, kemudian belajar. Setelah itu, kamu nggak akan memaksakan keinginan yang terlalu tinggi. Kamu akan memperdalam bidang yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Untuk selanjutnya, kamu akan mendedikasikan dan memberikan kontribusi maksimal.

6-375822cdb388131a93417f8784570961.jpg

Semua orang memang berhak mengutarakan opininya, begitu juga dengan kamu. Memang terkadang lelah dan nggak mau mendengar pertanyaan-pertanyaan yang bersifat personal. Namun, kamu bisa menjawab dengan bijak serta menghentikan lawan bicara untuk bertanya semakin personal. Tahu perbedaan antara perhatian atau sekedar ingin tahu. Selain itu, kamu juga nggak memasukkan dalam hati kalau ada beberapa yang menyinggung. Sebab kamu tahu, semakin kamu ikut arus pembicaraan yang nggak perlu, mereka semakin seru.

7-53bd5a5025dc387782f1436f5f12d9ce.jpg

Kamu pun sudah tahu kalau kebahagiaan adalah masing-masing. Dan, nggak perlu disamakan antara satu dengan yang lainnya. Yang berhak dan bertanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri adalah kamu. Oleh sebab itu, memilih pilihan yang bisa membuatmu bahagia itu penting. Karena, saat kamu menghadapi situasi sulit, nggak ada penyesalan atau menyalahkan apa pun. Kamu pun bisa menyelesaikan dan rasanya nggak seperti beban paling berat.

Advertisement

BACA JUGA : Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini

line

Related Articles

Comments

See More Articles