Hot News
  • Working Life

7 Mitos yang Bikin Kamu Jadi Ragu Saat Ingin Meminta Kenaikan Gaji

7 Mitos yang Bikin Kamu Jadi Ragu Saat Ingin Meminta Kenaikan Gajisnobette.com

Setidaknya, sudah setahun kamu telah bekerja di perusahaan saat ini. Kontrak akan segera diperbarui. Tugas yang dikerjakan juga sudah bertambah lebih banyak dari yang semula diberikan. Hmm, apa mungkin untuk meminta penyesuaian gaji?

Meminta kenaikan gaji bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, benar? Rasanya berat, dan kamu bingung untuk memulai pembicaraan. Belum lagi ketika mendengar kalimat-kalimat ini, kamu akan semakin ragu untuk memintanya. Padahal, melansir dari Bustle, tujuh kalimat ini adalah sebuah mitos yang harus kamu tepis, Bela.

1-012d0818ca1dd205b22e35004ffc0472.jpg

Banyak yang mengatakan jika meminta kenaikan gaji akan menghalangimu dari mendapatkan yang seharusnya. Sebaliknya, ketika kamu menghargai dirimu dan pekerjaanmu, tidak masalah untuk menanyakannya pada atasan. Saat ingin mendiskusikannya, bawa dokumentasi pekerjaanmu agar dapat ditujukan pada bos mengenai kesuksesanmu.

2-0994772668e11ae1333bcb0c7531b117.jpg

"Mitos lain adalah kamu terlihat mata duitan saat meminta kenaikan gaji," ujar life coach and career expert Nina Rubin, "Namun faktanya, kamu siap untuk mengembangkan kariermu. Orang yang meminta yang mereka inginkan, memiliki kesempatan lebih besar untuk membahas promosi dan berbagai peluang lainnya."

3-76e9474362350ac5c2513d22c81eea30.jpg

Untuk sebagian orang, meminta kenaikan gaji adalah sebuah tindakan yang agresif, dan kamu akan dianggap sebagai karyawan yang terlalu memaksa. Namun jangan risau, Bela. Meminta penyesuaian gaji justru mengingatkanmu akan kekuatanmu. Ketegasanmu akan bersinar, dan kamu akan bekerja lebih serius seperti yang atasanmu inginkan. Jadi, jangan takut! Kamu akan terlihat sebagai perempuan yang percaya diri.

4-15bbe7d484542312d078cf685d99e8d0.jpg

Banyak orang yang berbicara pada dirinya sendiri, mengatakan kalau permintaan gaji pasti akan ditolak. "Antara kamu akan mendapatkannya, atau tidak. Jika kamu mendapatkannya, bagus! Jika nggak, kamu tahu hal yang ahrus dilakukan untuk mendapatkan kenaikan gaji," ujar Rubin. Jangan lebih dulu pesimis, kamu nggak akan pernah tahu jawaban dari atasanmu!

5-3c0eb58e2a7299eb09f462ac6b7c892c.jpg

Ini menjadi mitos yang paling populer. Namun dengan meminta kenaikan penghasilan, kamu dapat melihat seberapa besar atasan peduli dengan pekerjaanmu, dan apa yang dia inginkan darimu untuk perusahaan. Memiliki waktu berdua dengan atasan juga adalah sebuah kesempatan untuk meningkatkan kemampuanmu. Ini juga menjadi momen yang tepat untuk mendekatkan diri dengan atasanmu, dengan penuh rasa hormat, namun tetap tegas.

6-1d4c3c24e83131cca866bbb6117d1831.jpg

Jangan langsung berasumsi kalau atasan sengaja nggak mempromosikanmu, Bela. "Sangat besar kemungkinannya jika atasanmu nggak menyadari kekuatan dan pencapaianmu," tutur Lucy Guida, Senior Analyst di Lausanne Business Solutions, "Untuk alasan ini, kamu perlu menyiapkan berbagai hal sebelum bertemu dan berbicara dengan atasan. Mulai dari pencapaianmu secara spesifik hingga kemampuanmu sehingga terlihat bahwa kamu layak mendapatkan kenaikan gaji. Selain itu, atasan selalu ingin melihat pegawainya untuk menunjukkan gairah pada pekerjaan dan perusahaannya."

7-8c2051471090afae3c6fb84f369bd21e.jpg

Jika penilaian tahunan dilakukan di akhir tahun, ini menjadi waktu terburuk karena perusahaan sedang melakukan tutup buku atau sudah membuat perencanaan keuangan untuk setahun ke depan. Waktu terbaik untuk meminta kenaikan gaji adalah beberapa bulan sebelum akhir tahun. Alternatif lain, mulai negosiasi setelah berhasil menyelesaikan proyek penting atau menyelesaikan masalah perusahaan.

Nggak ada yang salah dengan meminta kenaikan gaji, Bela. Semoga kamu bisa mendapatkannya, dan menjadi sebuah kesempatan untuk meningkatkan kariermu!

BACA JUGA: Harus Berani! Begini Cara Negosiasi Gaji Jadi Lebih Mudah​

line

Related Articles

Comments

See More Articles